15 Cara Jualan Online di WA yang Bikin Produk Kamu Laris Manis

Siapa yang tidak ingin produknya laris manis di era digital ini? Jika kamu adalah seorang pebisnis online yang ingin mengguncang dunia e-commerce, maka mengetahui cara jualan online di WA adalah langkah pertama yang tak boleh dilewatkan.

WhatsApp, atau yang akrab disebut sebagai WA, telah menjadi salah satu platform terfavorit bagi para pelaku bisnis online. Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif harian, potensi pasar di WhatsApp sungguh luar biasa. Namun, seperti halnya pasar manapun, untuk membuat produk kita laku di platform ini, kita perlu memahami beberapa strategi khusus.

Melalui artikel ini, kita akan membongkar rahasia cara jualan online di WA yang tak hanya efektif namun juga dapat menjadikan produk kita diperhitungkan di antara kerumunan digital yang semakin ramai. Mari kita telusuri bersama dan temukan bagaimana WA dapat menjadi wahana kesuksesan bisnismu!

Cara Jualan Online di WA (WhatsApp)

Cara Jualan Online di WA (WhatsApp)

Dalam era digital yang semakin maju, WhatsApp bukan hanya sekadar aplikasi untuk berkomunikasi personal, tetapi juga menjadi ladang subur untuk merajut bisnis online. Jika kamu ingin menggali potensi maksimal dari platform ini, ada beberapa cara jualan online di WA yang bisa menjadi kunci kesuksesanmu.

1. Buat Akun WhatsApp Business

Langkah pertama yang tak bisa dilewatkan adalah membuat akun WhatsApp Business. Inilah fondasi penting yang akan membantumu mengoptimalkan fitur-fitur khusus bisnis, membuat profil yang lebih profesional, dan membuka jalan menuju pelanggan potensial.

2. Gunakan Satu Nomor Telepon

Penting untuk memastikan bahwa satu nomor telepon digunakan khusus untuk kepentingan bisnismu. Hal ini tidak hanya meningkatkan kemudahan kontak, tetapi juga memberikan kesan keprofesionalan yang sangat dibutuhkan.

3. Gunakan Call to Action (CTA)

Selain menyampaikan informasi produk, jangan lupa untuk menggunakan pesan yang mengajak pelanggan bertindak. Cara jualan online di WA yang efektif melibatkan pengguna dengan panggilan tindakan yang jelas, seperti “Cek Katalog Sekarang!” atau “Hubungi Kami untuk Diskon Spesial!”

Baca juga: 13 Cara Jualan Online Tanpa Modal Besar, Siap-siap Kaya Mendadak

4. Buat Target dan Rencana Bisnis yang Jelas

Setiap bisnis memerlukan arah yang jelas. Tetapkan target penjualan dan buat rencana bisnis yang mendetail agar langkah-langkah yang diambil lebih terarah, sesuai dengan visi kesuksesan yang kamu inginkan.

5. Manfaatkan Fitur WhatsApp Katalog

Gunakan fitur WhatsApp Katalog untuk membuat katalog produk yang lengkap dengan deskripsi singkat, harga yang jelas, dan tentu saja, foto yang menggoda. Ini adalah salah satu cara jualan online di WA yang dapat membuat pengalaman berbelanja pelanggan lebih menyenangkan.

Cara Jualan Online di WhatsApp

Berikut ini langkah-langkah mudah untuk mengupload gambar produk ke dalam katalog WhatsApp Business. Namun sebelum itu pastikan aplikasi WA Business kamu merupakan versi terbaru. Karena fitur katalog hanya tersedia di WA Business dengan versi terbaru. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

    • Pastikan WhatsApp Business dalam versi terbaru.
    • Buka menu “Pengaturan” pada aplikasi.
    • Pilih opsi “Katalog” untuk mengelola produk.
    • Klik ikon (+) atau “Tambah Produk” untuk memulai.
    • Pilih foto atau video produk dari galeri.
    • Isi deskripsi produk untuk informasi tambahan.
    • Klik “Simpan” untuk menyelesaikan proses unggah.
    • Katalog selesai, produkmu siap dipamerkan di WhatsApp.

6. Kumpulkan dan List Data Calon Pelanggan

Data pelanggan adalah harta karun bisnis online. Pastikan untuk mengumpulkan dan menyusun data calon pelanggan dengan rapi agar strategi pemasaran yang lebih personal dapat diimplementasikan.

7. Gunakan ChatBot WhatsApp

Manfaatkan ChatBot WhatsApp untuk memberikan jawaban cepat atas pertanyaan umum pelanggan. Ini bukan hanya “cara jualan online di WA” yang efisien tetapi juga menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

8. Penawaran Khusus untuk Pembelian Melalui WA

Buat pelanggan merasa istimewa dengan menawarkan diskon eksklusif atau hadiah khusus bagi mereka yang bertransaksi melalui WhatsApp. Taktik ini adalah salah satu cara jualan online di WA yang mampu meningkatkan konversi.

9. Buat Konten Marketing yang Kekinian

Konten adalah kunci dalam menjaga ketertarikan pelanggan. Buat konten marketing yang kekinian, relevan, dan menarik dengan menyisipkan informasi mengenai produk secara ringan namun informatif.

Cara Jualan Online di WA untuk Pemula

10. Gunakan Fitur WhatsApp Story untuk Promosi

Fitur WhatsApp Story tidak hanya terbatas pada media sosial. Manfaatkan untuk berbagi momen di balik layar bisnismu, memberikan sneak peek produk terbaru, atau mengumumkan penawaran spesial. Inilah cara jualan online di WA yang bisa menarik perhatian pelanggan.

11. Gunakan WhatsApp Business API

Jika bisnismu sudah berkembang, pertimbangkan penggunaan WhatsApp Business API untuk meningkatkan skala operasional dengan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

12. Gunakan Metode Pembayaran yang Mudah

Pastikan metode pembayaran yang tersedia mudah diakses dan memberikan keamanan yang cukup. Ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperlancar proses transaksi.

13. Lakukan Strategi Follow Up untuk Repeat Order

Setelah pelanggan melakukan pembelian, jangan lewatkan cara jualan online di WA yang melibatkan strategi follow-up. Tawarkan produk terbaru atau penawaran spesial sebagai insentif untuk mendapatkan repeat order.

14. Jalin Kerja Sama dengan Supplier

Penting untuk menjalin kerja sama yang baik dengan supplier. Pastikan stok selalu tersedia dan koordinasi dengan baik agar pelayanan pelanggan tetap optimal.

15. Respons Cepat pada Calon Pembeli

Tak kalah penting, respons cepat pada calon pembeli. Pelanggan cenderung lebih suka dengan pelayanan yang responsif dan informasi yang diberikan secara cepat.

Jadi, itulah 15 cara jualan online di WhatsApp yang bisa membuat produk kamu laris manis. Jangan lupa terapkan beberapa kali cara jualan online di WA yang disebutkan di atas agar produkmu semakin dikenal oleh calon pembeli. Semoga sukses dalam bisnis online-mu!

You might also like