20 Daftar Saham Syariah Terbaik 2023 di Indonesia

Investasi saham syariah terbaik menjadi pilihan utama bagi banyak individu yang ingin menggabungkan pertumbuhan keuangan dengan prinsip-prinsip etika islam. Dalam pasar keuangan yang terus berkembang, salam syariah menawarkan solusi unik dengan memastikan bahwa investasi dilakukan sesuai dengan hukum Islam.

Pada saat yang sama, pemahaman yang mendalam tentang perusahaan yang memenuhi kriteria saham syariah terbaik menjadi krusial untuk meraih kesuksesan dalam investasi ini. Salah satu cara untuk memulai adalah dengan memahami daftar saham syariah terbaik di Indonesia.

Daftar saham syariah terbaik menyajikan kepada investor pilihan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, memungkinkan mereka untuk beradaptasi dalam pertumbuhan ekonomi tanpa melanggar aturan etika.

Dengan mempertimbangkan perusahaan-perusahaan terkemuka dalam daftar ini, investor dapat mengidentifikasikan peluang investasi yang memiliki pertumbuhan yang kuat, sekaligus menjaga konsistensi dengan nilai-nialai keuangan syariah.

Mari kita telaah lebih lanjut mengenai beberapa saham syariah terbaik dan bagaimana mereka dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk mengoptimalkan portofolio investasi.

Daftar saham syariah terbaik

Apa itu Saham Syariah

Saham syariah adalah instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar saham dan membantu prinsip-prinsip syariah Islam. Investasi dalam saham syariah didasarkan pada keyakinan bahwa keuntungan yang diperoleh dari aktivasi perusahaan harus bersumber dari kegiatan yang halal dan etis menurut prinsip Islam.

Beberapa prinsip utama dalam investasi saham syariah melibatkan penghindaran dari riba (bunga), ketidakpastian atau spekulasi (gharar), larangan investasi dalam bisnis yang terkait dengan alkohol, perjudian, dan industri haram lainnya.

Investasi dalam saham syariah memberikan kesempatan kepada para investor Muslim untuk berpartisipasi dalam pasar keuangan sambil tetap mematuhi nilai-nilai dan ajaran agama Islam.

Dalam konteks ini, saham syariah menjadi salah satu instrumen investasi yang semakin populer di kalangan individu dan lembaga keuangan yang mengutamakan aspek keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah.

Kriteria Saham Syariah

Untuk memastikan bahwa saham tersebut mematuhi prinsip-prinsip syariah, lembaga keuangan atau lembaga pengawas keuangan di berbagai negara, termasuk Indonesia, menyusun kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin masuk ke dalam daftar saham syariah terbaik. Kriteria tersebut mencakup:

    • Kriteria Seleksi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan): Saham harus memenuhi kriteria seleksi yang ditetapkan oleh OJK melalui regulasi No. 35/POJK.04/3017 tentang Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah.
    • Pencatatan oleh Emiten: Saham harus dicatatkan oleh emitennya sebagai saham syariah sesuai dengan ketentuan OJK nomor 17/POJK.04/2015.
    • Bisnis yang Halal: Saham syariah tidak boleh terlibat dalam bisnis perjudian.
    • Penghindaran Perdagangan Tanpa Pengiriman Barang atau Jasa: Perusahaan yang sahamnya ingin dianggap syariah harus menghindari terlibat dalam perdagangan tanpa pengiriman barang atau jasa.
    • Penghindaran Layanan Keuangan yang Bersifat Ribawi: Saham syariah tidak melibatkan perusahaan yang terlibat dalam layanan keuangan yang bersifat ribawi, seperti bank konvensional, lembaga pembiayaan konvensional, dan asuransi konvensional.
    • Kriteria Tambahan Lainnya: Terdapat beberapa kriteria tambahan yang tidak spesifik dijelaskan dalam kalimat, namun dapat diasumsikan bahwa OJK mengatur kriteria-kriteria tambahan yang harus dipenuhi oleh perusahaan agar diakui sebagai saham syariah.

saham syariah terbaik

Daftar Saham Syariah Terbaik 2023

Berikut ini adalah beberapa saham syariah terbaik berdasarkan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI):

  1. Astra Agro Lestari Tbk (AALI)
  2. ABM Investama Tbk (ABMM)
  3. Aces Hardware Indonesia Tbk (ACES)
  4. Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)
  5. Aneka Tambang Tbk (ANTM)
  6. Bank Aladin Syariah Tbk (BANK)
  7. Berkah Beton Sadaya Tbk (BEBS)
  8. Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS)
  9. Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN)
  10. Elnusa Tbk (ELSA)
  11. Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)
  12. XL Axiata Tbk (EXCL)
  13. Hillcon Tbk (HILL)
  14. Harum Energy Tbk (HRUM)
  15. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)
  16. Kimia Farma Tbk (KAEF)
  17. MNC Land Tbk (KPIG)
  18. Matahari Department Store Tbk (LPPF)
  19. Matahari Putra Prima Tbk (MPPA)
  20. Bukit Asam Tbk (PTBA)

perusahaan saham syariah

Cara Memilih Saham Syariah yang Tepat

Memilih saham syariah terbaik bukanlah tugas yang mudah. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam memilih saham syariah yang tepat:

1. Kenali Prinsip Syariah dengan Baik

Sebelum memutuskan investasi, penting untuk memahami prinsip-prinsip syariah dengan baik. Ini akan membantu kamu dalam menilai apakah suatu saham memenuhi kriteria syariah atau tidak.

2. Analisis Fundamental

Melakukan analisi fundamental pada setiap perusahaan adalah langkah yang bijak. Tinjau pertumbuhan laba, rasio utang, dan kebijakan perusahaan untuk mendapat gambaran yang jelas tentang kesehatan keuangan perusahaan.

3. Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi portofolio merupakan pilar kuat dalam menjalankan investasi saham syariah dengan bijak. Dengan mengelola risiko, menyesuaikan dengan kondisi pasar, dan menerapkan strategi diversifikasi yang tepat, kamu dapat membangun portofolio yang tangguh dan sesuai dengan prinsip-prinsip stariah.

Investasi saham syariah terbaik menjadi pilihan yang cerdas bagi mereka yang menginginkan pertumbuhan uang sambil tetap mematuhi prinsip-prinsip syariah. Dengan memilih sahm syariah terbaik dan memahami prinsip-prinsip dasarnya, kamu dapat memilih portofolio investasi yang kuat dan sesuai denga nilai-nilai kamu.

Jangan ragu untuk melakukan riset lebih lanjut dan berkonsultasi dengan ahli keuangan sebelum membuat keputusan investasi yang penting. Semoga investasi kamu sukses dan memberikan manfaat jangka panjang!

You might also like