Begini Kabar Terbaru Asuransi Bumiputera 2022, Raih Perolehan Laba Bersih 705 Miliar!

Foto: tangkapan layar instagram@ajb.bumiputera

Kabar terbaru asuransi Bumiputera 2022 sungguh mengejutkan karena pihak AJB mengumumkan perolehan laba bersihnya mencapai ratusan miliar.

Bagaimana bisa kabar terbaru asuransi Bumiputera 2022 bisa meraup keuntungan yang demikian besar di tengah isu utang polis yang belum terbayarkan kepada nasabahnya dan perusahaan asuransi tersebut dikabarkan sedang dalam masa “penyehatan”.

Sejarah dan Profil Perusahaan Asuransi Bumiputera

Perusahaan Asuransi Bumiputera adalah salah satu perusahaan asuransi besar dan ternama di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1912 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan spesifik masyarakat Indonesia.

Perusahaan asuransi Bumiputera yang dikenal dengan AJB Bumiputera 1912 terus berkembang untuk mengikuti perubahan kebutuhan masyarakat dengan menyediakan berbagai produk sesuai kebutuhan masyarakat modern.

Seratus tahun lebih merintis industri asuransi jiwa di Indonesia, akhirnya AJB Bumiputera 1912 menjadi perusahaan asuransi jiwa nasional terbesar di Indonesia.

AJB Bumiputera 1912 merupakan perusahaan asuransi mutual, dimiliki oleh pemegang polis Indonesia, dioperasikan bagi kepentingan pemegang polis Indonesia, dan dibangun berdasarkan tiga pilar ‘mutualisme’, ‘idealisme’ dan ‘profesionalisme’.

Sejarah dan Profil Perusahaan Asuransi Bumiputera

Produk Perusahaan Asuransi Bumiputera

Kabar terbaru asuransi Bumiputera 2022 akan kita bahas selanjutnya, namun sebaiknya Anda perlu tahu beberapa produk asuransi dari perusahaan ini, yaitu:

1. Asuransi Jiwa Perorangan

Asuransi jiwa perorangan terdiri dari Mitra Beasiswa dan Mitra Proteksi Diri.

1. Mitra Beasiswa

Produk ini memberikan perlindungan anak dan biaya pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Mitra Beasiswa sebagai mitra anak dalam pendidikan, memberikan kepastian pendidikan bagi anak-anak Anda pada setiap jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi.

Baca juga: Surat Perjanjian Antara Pihak yang Mengadakan Perjanjian Asuransi Disebut Perjanjian Asuransi, Berikut Ini Penjelasannya!

Masa depan anak-anak menjadi lebih terlindungi karena program ini dirancang untuk memastikan agar mereka tetap mendapatkan dana beasiswa hingga anak bisa menyelesaikan pendidikannya meskipun orang tua mereka meninggal dunia.

2. Mitra Proteksi Mandiri

Mitra Proteksi Mandiri menawarkan solusi bagi nasabah yang ingin menciptakan sendiri kesejahteraan keluarga tanpa mengharapkan kontribusi pihak lain. Mitra Proteksi Mandiri ditujukan bagi Anda yang merencanakan kesejahteraan pada masa pensiun.

Mitra Proteksi Mandiri merupakan program asuransi mikro yang sesuai bagi nasabah yang berprofesi sebagai petani, nelayan, peternak, pedagang atau pekerja lainnya. Meskipun memiliki penghasilan terbatas, nasabah tetap bisa menikmati masa pensiun dengan tenang sebagaimana pegawai pemerintah.

2. Asuransi Jiwa Kumpulan

Asuransi jiwa kumpul terdiri dari beberapa produk, yakni asuransi kredit, asuransi ekawaktu, asuransi kecelakaan dan asuransi idaman.

Produk Perusahaan Asuransi Bumiputera

1. Asuransi Kredit

Produk ini ditujukan untuk memberikan perlindungan bagi mereka yang berhutang kepada lembaga keuangan. Terdapat dia produk berbeda yaitu Asuransi Jiwa Kumpulan Mitra Kredit Cicilan Bulanan dan Asuransi Jiwa Kumpulan Kredit Cicilan Bulanan Annuitas.

2. Asuransi Ekawaktu

Asuransi ekawaktu adalah program perlindungan asuransi non-tabungan yang memberikan perlindungan terhadap risiko kematian, yang berlaku pada periode tertentu dan memberikan perlindungan dari kemungkinan kerugian yang terjadi karena kematian karyawan.

Jika pemegang polis meninggal dunia saat masih dalam masa pertanggungan, maka pihak AJB akan memberikan santunan sebesar Uang Pertanggungan yang disepakati (UP). Jika peserta masih hidup hingga akhir masa asuransi, maka tidak ada pembayaran apapun terhadapnya.

3. Asuransi Kecelakaan

Produk asuransi kecelakaan Asuransi Bumi Putera 1912, memberikan santunan kepada tertanggung apabila terjadi kecelakaan dalam periode asuransi.

4. Asuransi Idaman

Program asuransi ini merupakan perlindungan sekaligus tabungan. Unsur tabungan akanmemberikan akumulasi dana yang lebih progresif jika dibanding dengan produk asuransi yang lainnya.

Besarnya nilai pertanggungan akan meningkat setiap tahun, sehingga tertanggung akan memperoleh nilai perlindungan yang lebih tinggi.

Kabar Terbaru Asuransi Bumiputera 2022

Bagaimana kabar terkini asuransi Bumiputera 2022? Diperoleh informasi bahwa sepanjang tahun 2022 AJB Bumiputera 1912 meraih perolehan laba bersih mencapai sebesar Rp 705 miliar.

Hasil itu terbilang fantastis namun mengejutkan karena sebelumnya pihak perusahaan menderita kerugian sebesar Rp.1,9 triliun pada 2021. Selain itu perusahaan juga masih berjuang untuk melunasi klaim polis nasabahnya yang macet.

Kabar Terbaru Asuransi Bumiputera

Kabar terkini asuransi Bumiputera 2022 dari pihak manajemen AJB Bumiputera mengatakan bahwa laba tahun 2022 tersebut bukan disokong oleh operasional perusahaan. “Laba yang dibukukan oleh perusahaan semata-mata dikarenakan peningkatan nilai aset tanah bangunan perusahaan, namun secara operasional kondisi perusahaan masih dalam tahap upaya penyehatan,” ungkap manajemen AJB Bumiputera secara tertulis, pada Kamis, (15/6/2023).

Baca juga: Apakah Asuransi Dibayar diMuka Termasuk Akun Liabilitas atau Aset? Ini Penjelasannya!

Lebih detailnya mengenai perincian keuangan AJB Bumiputera 1912 mencatatkan pendapatan premi triwulan II/2022 adalah sebesar Rp.532,42 miliar.

Dan dalam periode yang sama, klaim asuransi yang dibayarkan mencapai Rp1,27 triliun. Perincian keuangan tersebut dikutip dalam laporan keuangan AJB Bumiputera 1912 per semester II/2022.

Kemudian dari pos pendapatan, selain pendapatan premi, laporan keuangan perusahaan mencatatkan hasil investasi sebesar Rp.51,75 miliar, serta pendapatan lainnya sebesar Rp17,18 miliar. Sehingga jika digabung dengan pendapatan premi, total hingga triwulan II/2022 mencatatkan jumlah pendapatan Rp.601,44 miliar.

Dari catatan pengeluaran administrasi dan beban usaha, AJB Bumiputera dalam periode semester pertama 2022 membayarkan beban pemasaran Rp.44,9 miliar mengalami kenaikan dari periode yang sama pada tahun lalu Rp.7,55 miliar. Beban pegawai dan pengurus Rp.66,91 miliar, turun dari Rp.106,39 miliar tahun lalu.

Sedangkan beban administrasi naik dari Rp.29,76 miliar menjadi Rp.186,8 miliar. Untuk beban usaha lain mengalami penurunan dari Rp.17,43 miliar menjadi Rp.5,2 miliar. Total beban yang dibayar perusahaan menjadi Rp.748,59 miliar.

Sehingga secara total, pada triwulan II/2022, AJB Bumiputera mengalami kerugian Rp.265,52 miliar. Kerugian ini mengecil dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp.328,25 miliar.

Mengenai total aset yang dimiliki AJB Bumiputera dalam periode laporan menjadi Rp9,78 triliun dari posisi tahun lalu sebesar Rp9,75 triliun.

Demikian berita terkini asuransi Bumiputera 2022 dirangkum dari beberapa media. Jadi selain meraup keuntungan, AJB Bumiputera juga masih menanggung hutang dan tunggakan klaim yang sedang dalam proses pencairan.

You might also like